Sistem Conveyor di pabrik – Otomatisasi dalam industri merupakan bagian dari perkembangan yang dipengaruhi oleh teknologi. Kemunculan sistem conveyor automation menjadi salah satu hal yang berpengaruh besar pada proses otomatisasi dalam beragam aktivitas industri. 

Mengenal Perangkat Conveyor

Sebuah perangkat conveyor merupakan alat mekanis yang digunakan untuk menangani proses pergerakan material dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Sistem ini bisa sangat berguna dalam dunia industri karena memungkinkan pekerja berada di satu area kerja dan produk atau barang yang dikerjakanlah yang bergerak dari satu titik ke titik berikutnya. Conveyor bisa sangat membantu ketika salah satu proses industri melibatkan material yang besar dan berat. Proses pemindahan yang cepat dan efisien memberi dampak besar pada kelancaran aktivitas produksi; khususnya penanganan material – material besar dan berat tersebut.

Tetapi tidak hanya itu; conveyor juga bermanfaat besar pada penanganan produk atau material yang ringan dan berukuran kecil. Proses pengemasan atau pemasangan label bisa menjadi lebih cepat dan efisien dengan pemanfaatan conveyor dan otomatisasi. Pada kasus tertentu; sebuah conveyor dapat dilengkapi dengan medan magnet untuk memisahkan material logam yang bereaksi dengan medan magnet dan material non logam yang tercampur. Medan magnet juga dimanfaatkan untuk menghindari material logam berukuran kecil dari resiko tercecer saat proses transportasi di dalam lingkungan kerja industri. Tanpa banyak disadari; sebuah sistem conveyor di pabrik memberi kontribusi besar pada beragam aktivitas industri. Perangkat tersebut bisa dilibatkan sejak proses memindahkan material mentah atau bahan baku di hulu hingga proses pengemasan di hilir.

Selain dilibatkan dalam aktivitas industri; manfaat conveyor juga membuat sistem perangkat tersebut dilibatkan pada beragam aktivitas komersial yang lain. Sebuah sistem conveyor sangat umum ditemukan pada bagian kasir supermarket dimana barang – barang yang akan ditransaksikan bergerak melewati bagian kasir. Kondisi yang hampir serupa juga umum ditemui di bandar udara ketika sistem conveyor digunakan untuk memindahkan barang bawaan penumpang.

Pemanfaatan Sistem Conveyor Dalam Industri

Sistem conveyor dapat ditemukan pada beraneka ragam jenis industri; mulai dari penambangan hingga industri obat dan makanan. Keterlibatan industrial automation solution ini dikarenakan oleh manfaatnya yang begitu besar untuk meningkatkan efektivitas produksi dan efisiensi sumber daya. Berikut ini beberapa manfaat besar sistem conveyor di pabrik :

  • Mampu memindahkan beragam jenis material secara aman dengan sistem kontrol yang teliti.
  • Menjadi solusi untuk melakukan efisiensi sumber daya dalam hal transportasi. Sistem conveyor bisa menghemat sumber daya dalam skala besar jika dibandingkan dengan penggunaan tenaga manusia untuk proses transportasi beragam material.
  • Fleksibilitas penggunaan yang sangat tinggi. Sistem conveyormemiliki banyak ragam dan mampu digunakan pada beragam lingkungan kerja.
  • Aspek keamanan yang lebih tinggi dalam proses pemindahan material; bahkan bisa lebih aman dari penggunaan alat berat semacam forklift untuk memindahkan material yang besar dan berat. Penggunaan sistem conveyor bisa menurunkan resiko kecelakaan dalam lingkungan kerja.
  • Sistem conveyor bisa digunakan untuk memindahkan beragam jenis dan bentuk material.
  • Terdapat beragam sumber daya dan mekanisme untuk menggerakkan sebuah sistem conveyor; mulai dari gravitasi, sistem hidrolik hingga sistem mekanik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan kerja.

Manfaat Besar Sistem Conveyor Dalam Industri Skala Besar

Sebagai sebuah alternatif dan bagian dari industrial automation solution maka sistem conveyor merupakan bagian penting dalam sebuah aktivitas industri. Ada manfaat besar dari sistem conveyor yang membuat perangkat ini menjadi nadi dari sebuah aktivitas industri. Tidak jarang pada sebuah aktivitas industri; sistem conveyor di pabrik terlibat dari hulu hingga hilir. Mulai dari proses membawa material bahan hingga proses pengemasan dan pengiriman produk akhir.

Tidak salah jika kemudian perawatan sistem conveyormerupakan salah satu fokus dari aktivitas maintenance dalam sebuah lingkungan industri. Ada beberapa bagian dari sistem conveyor yang wajib mendapat perhatian ekstra dalam proses perawatan seperti bagian overhead. Bagian ini bekerja keras sebagai sumber daya yang menggerakkan sebuah sistem conveyor. Bagian lain seperti belt atau sabuk conveyor hingga rantai penggerak conveyor juga menjadi bagian dari sistem yang memiliki beban kerja tinggi. Kontaminasi material yang terlibat dalam proses produksi bisa menjadi bagian dari resiko sebuah sistem conveyor. Perawatan yang baik dengan ketelitian tinggi bisa menekan resiko terganggunya aktivitas produksi karena masalah pada sistem conveyor.