Sistem conveyor merupakan salah satu perangkat yang paling umum digunakan pada aktivitas industri. Sistem ini memiliki banyak fungsi sekaligus memberi solusi otomatisasi yang memberi banyak kemudahan terkait fleksibilitas dan keamanan. Selain itu, sistem otomatisasi dengan penggunaan conveyor juga meningkatkan produktivitas sekaligus menghemat biaya produksi.

Keterlibatan Sistem Conveyor Dalam Industri

Conveyor telah lama digunakan dan dilibatkan dalam aktivitas industri sejak awal abad ke-20. Sehingga tidak salah jika sistem conveyor disebut – sebut sebagai tulang punggung fasilitas penanganan material di dalam aktivitas industri. Conveyor automation telah dilibatkan dalam beragam proses industri; mulai dari mengangkut bahan baku hingga penyimpanan hasil produksi.

Salah satu alasan mengapa sistem conveyor dapat menjadi tulang punggung aktivitas industri adalah kemampuannya menjadi solusi pergerakan dari materal yang tidak terputus. Berbeda dengan forklift yang membutuhkan pergerakan yang tidak dilengkapi otomatisasi untuk memindahkan material dari satu titik ke titik yang lain. Kondisi tersebut membuat forklift tidak bisa memberi solusi pergerakan kontinyu seperti yang bisa dilakukan oleh sistem conveyor. Fakta bahwa otomatisasi sederhana dengan keterlibatan conveyor bisa meningkatkan efisiensi dan menekan pengeluaran membuat sistem tersebut kemudian menjadi kebutuhan sistem produksi dalam skala industri.

Alasan Sistem Conveyor Sangat Penting Dalam Sistem Otomatisasi

Conveyor telah diketahui memiliki beragam fungsi dan penggunaan yang bisa digunakan pada beragam sektor industri. Sistem tersebut juga bisa dilibatkan sejak proses di hulu seperti pengangkutan bahan baku; hingga proses di hilir seperti pengemasan hasil produksi. Berikut ini tiga alasan penting mengapa conveyor automation merupakan jawaban dari kebutuhan sistem otomatisasi.

  • Mengurangi  Pengeluaran Untuk Tenaga Kerja

Pada beragam aktivitas dalam proses industri seperti proses mengangkat material yang berat dapat dilakukan dengan tenaga manusia yang minimal berkat sistem conveyor. Penggunaan perangkat tersebut secara langsung dapat mengurangi pengeluaran untuk tenaga kerja yang sebelumnya dibutuhkan untuk menangani proses tersebut.

Pada saat yang sama; sistem conveyor juga meringankan dan mempercepat proses produksi sekaligus mengurangi resiko yang harus ditanggung tenaga kerja ketika terlibat dalam aktivitas  produksi yang melibatkan material besar dan berat. Kecepatan produksi yang meningkat secara langsung berdampak pada produktivitas yang makin tinggi.

  • Memberi Fleksibilitas Pada Proses Produksi

Fleksibilitas merupakan bagian penting untuk mendapatkan proses produksi yang ramping dan efisien. Conveyor modular bisa menjadi solusi untuk memperoleh fleksibilitas dan efisiensi pada saat yang sama. Conveyormodular memiliki nilai fleksibilitas yang tinggi karena dapat dibongkar dan dipasang dengan mudah. Kelebihan tersebut membuat sistem conveyor tersebut bisa digunakan di luar fasilitas industri yang konvensional.

Bahkan sistem conveyor yang terpasang secara permanen juga memiliki potensi memberi fleksibilitas tinggi selama dirancang dan dikonfigurasi secara tepat. Sebuah sistem yang dirancang dengan baik bisa memberi beberapa jalur produksi dengan tujuan akhir dengan menggunakan jalur produksi tunggal.

  • Meningkatkan Efisiensi Kontrol Kualitas

Pada saat sistem conveyor dimanfaatkan sebagai industrial automation solutionmaka ada banyak hal yang dapat dihilangkan karena peningkatan efisiensi. Pada saat yang sama; kontrol kualitas bisa ditingkatkan karena otomatisasi bisa sangat memudahkan proses deteksi kesalahan dan hal kritis lain pada produk yang dihasilkan. Conveyor sebagai lajur produksi yang otomatis juga membantu menata proses perakitan dari satu tahap ke tahap berikutnya. Proses ini bisa menekan resiko kesalahan atau cacat produksi. Terlebih lagi ketika sistem otomatisasi yang digunakan merupakan perpaduan sistem conveyor dengan sistem robotika.

Solusi Otomatisasi Industri Di Dalam Negeri

Penggunaan otomatisasi di beragam industri dengan menggunakan sistem conveyor dengan atau tanpa sistem robotika semakin diminati oleh pelaku industri di dalam negeri. Perkembangan tersebut pada satu sisi membuka peluang bisnis baru dalam memenuhi kebutuhan dunia industri. Kini solusi  conveyor system indonesia telah dapat diandalkan untuk memberikan beragam solusi otomatisasi beragam bidang industri. Kemampuan industri bersaing dalam hal kualitas dan efisiensi produksi bisa sangat ditentukan oleh sistem pendukung yang mumpuni. Industrial automation solution dengan menggunakan sistem conveyor dan robotika bisa menjadi jawaban bagi beragam tantangan industri.