Coba Anda perhatikan sebuah mobil atau motor keluaran saat ini yang mana banyak mengesankan mata yang melihat karena desainnya begitu keren. Darimanakah semua desain tersebut berasal?

Tentunya dari sebuah ilmu desain dan rekayasa produk otomotif

Kita bahas secara umum jurusan tersebut!

Definisi Desain Dan Rekayasa Produk Otomotif 

Desain dan rekayasa adalah sebuah materi ilmu yang kompleks melengkapi model otomotif agar memiliki daya tarik, daya guna dan daya tahan lama. Setiap produk otomotif yang keluar tentu harus ada bentuk atau rupa yang menarik dan bisa berguna dengan baik tanpa melewatkan keamanan kerjanya.

Ilmu desain mulanya dibuat dalam konsep bentuk gambar dasar kemudian dimatangkan dengan program komputer. Setelah itu dibuat maket kecil dari material yang terjangkau sebagai percontohan produk. Desainnya tidak hanya dibuat luarnya saja tapi juga bisa dibuat lebih dalam area privasi seperti interior dan eksterior yang terkoneksi dengan sistem informasi teknologi otomotif. Ketika semua integrasi desain dan rekayasa produk otomotif. menyatu maka tercipta sebuah produk industri yang bagian fisiknya menarik perhatian dan dikuatkan dengan sebuah fungsi kerja mesin dari sistem informasi yang sangat apik.

Nilai desain tidak boleh meninggalkan ilmu fisika karena bisa membuat efek yang kurang bagus misalnya pada saat membuat pesawat terbang uji coba untuk akademi udara maka jangan sampai membahayakan pengemudi. Model dan bentuknya hanya bisa untuk 1 – 2 penumpang maka desainnya bisa disesuaikan. Sama halnya dengan mobil model sedan hanya bisa dipakai untuk muatan maksimal 5 orang dewasa agar tidak resiko, dibuatlah konsep desain tempat duduk yang lebih nyaman dan kunci pintu kuat.

Tujuan Jurusan Desain Dan Rekayasa Produk Otomotif 

  1. Memberikan daya tarik dan asumsi sebuah inovasi terbaru.
  2. Bisa menaikkan tingkatan prestisius bisnis.
  3. Membantu orang dalam memberikan kenyamanan, keamanan dan kepraktisan kegunaan.
  4. Menaikkan nilai kesenian yang ada di lingkungan sekitar.

Tentang peluang kerja Spesialisasi Produksi Otomotif dan rekayasa ini juga banyak dicari oleh perusahaan besar terutama pengembangan potensi produk lebih baik lagi. Ada jurusan bagian eksterior dan ada juga yang mengelola jurusan interior. Keduanya berkolaborasi menghasilkan model terbaru yang benar-benar keren dan aman.

Adapun pengembangan desainnya adalah sebagai berikut:

  1. Desain dan penelitian konsumen
  2. Gambar sketsa perluasan konsep
  3. Gaya perbantuan komputerisasi
  4. Pembuatan maket tanah liat
  5. Model ruangan area dalam interior
  6. Ergonomi otomotif
  7. Warna dan finishing
  8. Grafik jalan kendaraan

Jadi, sebuah jurusan desain dan rekayasa produk otomotif tidak terbatas hanya membuat desain dan hubungan kerja mesin saja tapi juga ketersediaan produk lainnya yang bisa membantu keterbukaan keawetan kendaraan. Misalnya, pada cat mobil anti gores apakah tersedia dan cocok dengan material dan desain kendaraannya. Jangan sampai kita membuat sebuah desain kendaraan tapi saat kendala muncul di pasaran tidak tersedia alternatif perbaikan atau maintenancenya.