Proses pengemasan produk pada perusahaan biasa dilakukan menggunakan mesin packing berbasis conveyor automation. Mesin ini terdiri dari beberapa gabungan mesin yang memiliki fungsi berbeda namun mampu membuat proses packing jadi lebih efisien.

Mesin Packing Conveyor System Indonesia berbasis Automation Industry PPT

Rangkaian mesin packing yang menggunakan sistem automation industry ppt biasa digunakan di perusahaan yang memiliki jaringan luas. Mesin industrial automation solution ini bisa dibangun sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari berapa mesin yang hendak Anda gunakan hingga fungsi masing-masing mesin bisa diprogram sesuai dengan proses pengemasan produk.

Dalam proses produksi skala besar, proses packing produk konvensional memiliki potensi kerusakan atau hasil pengemasan yang kurang rapi. Pengemasan produk menggunakan mesin conveyor dimaksudkan agar produk terhindar dari benturan, debu dan membuat proses pengepakan jadi lebih efisien. Hasil pengemasan menggunakan industrial automation solution juga dipandang lebih rapi dan menarik.

Packing produk yang menarik bisa menjadi salah satu media promosi produk demi menggaet konsumen. Dengan menggunakan conveyor system Indonesia yang diprogram sendiri, Anda bisa membuat packing yang unik dengan nilai jual lebih tinggi. Tampilan kemasan yang rapi dan bagus juga membuat konsumen lebih percaya terhadap image produk Anda sehingga produk dinilai memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Mesin yang Dipakai di Rangkaian Packing Line

Keuntungan menggunakan industrial automation solution yakni Anda bisa memilih mesin apa saja yang bisa digabungkan ke dalam rangkaian packing line. Anda bisa memasukkan mesin dengan fungsi tertentu sesuai kebutuhan. Biasanya pembuat mesin conveyor automation akan menyarankan mesin-mesin yang bisa dan baik digunakan sehingga proses pengemasan bisa lebih optimal. Beberapa mesin yang sering digunakan dalam industrial automation solution untuk packing diantaranya seperti berikut :

  • Roller Conveyor

Mesin roller conveyor adalah mesin yang memudahkan jalannya suatu produk ketika hendak dikemas dan setelah dikemas. Mesin ini bisa berjalan dengan mudah pada saat pengepakkan karena memiliki roll atau gulungan. Mesin conveyor automation ini umumnya terdiri dari dua jenis yakni Chain Drive Roller Conveyordan No-Drive Roller Conveyor. Mesin Chain Drive Roller Conveyor bisa membantu produk untuk bergerak secara otomatis. Sedangkan pada mesin No-Drive Roller Conveyor, produk bergerak secara manual dengan bantuan dorongan tangan operator.

  • Carton Sealer

Mesin yang terdapat pada industrial automation solution untuk packing line selanjutnya adalah mesin carton sealer. Sebelum produk masuk ke bagian carton sealer, kardus produk akan dilipat terlebih dahulu. Mesin Flap Carton Sealer atau Bottom Folding Machine akan melakukan fungsi ini sehingga lipatan jadi lebih rapi. Kemudian kardus akan masuk ke mesin carton sealer untuk disegel menggunakan lakban.

Pada conveyor system Indonesia, mesin carton sealer bekerja secara otomatis dan cepat sehingga proses penyegelan kardus atau karton bisa lebih singkat. Umumnya carton sealer hanya menyegel bagian atas kardus. Sedangkan untuk menyegel area samping kardus, Anda bisa memanfaatkan mesin carton edges sealer.

  • Strapping Machine

Agar produk lebih terlindungi, maka produk harus melalui proses terakhir pengemasan di strapping machine. Mesin bekerja dengan cara mengikat dus yang sudah disegel sehingga mudah dipindahkan dengan tangan. Adanya ikatan pada dus juga membuat produk jadi lebih terlindungi.

Pada automation industry ppt, ada dua jenis strapping machine yang bisa Anda gunakan yakni full auto strapping machine dan semi auto strapping machine. Full auto strapping machine dioperasikan secara otomatis sehingga cocok bagi Anda yang mengutamakan kecepatan produksi. Sedangkan semi auto strapping machine dioperasikan dengan bantuan operator.

  • Sleeve Sealing Machine

Mesin sleeve sealing machine diperlukan jika Anda ingin mengetahui ukuran kardus yang hendak dikemas menggunakan plastik. Mesin ini akan memotong plastik kemasan sesuai dengan ukuran kardus produk. Kemudian sleeve sealing machine akan mengemas produk dengan metode shrink sehingga plastik merekat pas dengan ukuran kardus.

Pada industrial automation solution, mesin ini juga akan memotong kelebihan plastik sisa pengemasan. Karena ukuran yang dibuat oleh mesin automation industry ppt biasanya akurat, sisa plastik hasil pengemasan pun tak terlalu banyak atau tak terbuang sia-sia. Itu sebabnya conveyor system Indonesia maupun industrial automation solution sangat dibutuhkan oleh para pengusaha terutama yang menginginkan efisiensi waktu dan uang dalam proses produksi.