Memastikan robot palletizing yang Anda gunakan di pabrik tentu tidak mudah. Banyak faktor harus dikendalikan dan dikontrol agar semuanya berjalan lancar. Bagi Anda yang tidak tahu, kata system di sini berarti alur kerja robot secara keseluruhan. Jadi mulai dari bagaimana ia mengambil barang dan menyusunnya semua dikendalikan dalam sistem.

System sendiri terdiri dari dua, yaitu hardware dan software. Selama kedua hal ini berjalan baik, robot akan berjalan baik. Tapi untuk pabrik, robot berjalan baik tidak cukup. Robot ini harus mampu bekerja efisien dan cepat untuk kebutuhan menyusun barang. Jika Anda ingin tahu bagaimana memastikan system Anda sudah optimal, berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan:

Pastikan Desain Robot Sudah Sesuai dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus Anda pastikan sebelum mengutak – atik soal robot palletizing yang akan digunakan, sebaiknya pastikan dulu spek alatnya. Hal seperti reach, kemampuan angkat, kecepatan dan juga kemampuan gerak menjadi hal penting dalam membuat robot ini bekerja dengan efisien.

System dalam pabrik tentu hanya akan berjalan baik jika hardware yang digunakan tepat guna. Contoh kasus saja, Anda membutuhkan menyusun barang yang mencapai ketinggian rendah. Untuk keperluan ini, tangan robot biasanya perlu menekuk secara ekstrim untuk mencapai posisi rendah ini. Untuk keperluan ini tentu poros sendi tekuk yang cukup banyak.

Selain spesifikasi robot yang digunakan, Anda juga harus memikirkan posisi peletakannya. Apakah robot palletizing ini ada di ujung conveyor belt atau di sisinya agar dapat bekerja di banyak jalur sekaligus. Hal seperti ini nantinya akan mempengaruhi kinerja si robot.

Sesuaikan Software dengan Hardware

Setelah menentukan hardware yang pas, sekarang Anda perlu menginstal software agar robot dapat bekerja. Software di sini merupakan susunan kode yang membuat robot bekerja dengan gerakan tertentu setiap kalinya. Urutan gerakan dalam program di sini nantinya akan mempengaruhi pergerakan robot.

Semakin kompleks perintah yang diberikan, semakin lama juga proses pergerakan robot. Beberapa pabrik biasanya menggunakan perintah yang paling sederhana untuk memastikan pergerakan lengan – lengan robot efisien dan tepat guna.

Lakukan Tes dan Research

Mengkombinasikan kemampuan software dan hardware tentu tidak bisa langsung. Untuk memastikan coding dan gerakan robot adalah yang paling efisien, Anda perlu melakukan tes – tes. Tes dan research ini bisa dibilang adalah bagian dari trial dan error untuk menemukan jalur paling baik untuk kinerja si robot.

Jika dapat menyatukan software dan hardware, Anda nantinya dapat mencapai robot palletizing yang optimal. Sistem yang optimal di sini tentu tidak asal cepat, tapi juga selaras dengan alur kerja pabrik secara keseluruhan.

Selalu Pikirkan Sisi Positif dan Negatif Setting System

Hal terakhir yang harus Anda pertimbangkan saat menggunakan robot palletizing yang sudah di tes ini adalah sisi positif dan negatif-nya. Contoh saja sistem yang Anda pilih menggunakan kecepatan robot yang cepat. Hal ini tentu memiliki sisi positif pekerjaan bisa berjalan dengan volume besar, tapi disisi lain tingkat keamanan dan biaya maintenance robot harus makin serius dipikirkan. Robot yang bekerja tinggi dengan presisi yang tinggi tentu akan membahayakan jika sampai ada masalah. Pergerakan robot yang tinggi bisa juga merusak barang yang diangkut jika ada error. Dari segi biaya, pergerakan tinggi robot akan membebani tiap sendinya, jadi untuk memastikan robot dapat bekerja baik dalam tekanan kecepatan tinggi, maintenance harus dilakukan lebih sering.