Penggunaan robot di pabrik tentunya sudah menjadi hal yang umum sekarang ini. Robot membantu produksi berjalan lebih efisien dan akurat. Banyak pihak memilih robot ini juga karena kemampuannya yang bisa menyelesaikan pekerjaan diluar kemampuan manusia. Hal seperti mengangkat barang berat dan mengurus material di suhu tinggi tentu lebih mudah jika menggunakan robot.

Nah, untuk salah satu jenis robot yang populer digunakan pada banyak pabrik, Anda tentu tahu tenang palletizing robot. Robot ini bertugas menyusun barang diatas pallet papan kayu dengan spesifikasi tertentu. Terkadang selang seling, susun lurus ataupun sambil sorting memisahkan barang jenis yang berbeda.

Penggunaan robot yang satu ini tentu sederhana, tapi banyak pabrik yang memperdebatkan untuk menggunakan custom palletizing robot design. Beberapa robot yang digunakan di pabrik tentu ada yang diciptakan khusus untuk bekerja membuat produk tertentu. Contoh saja robot yang bertugas membuat keripik kentang di banyak perusahaan makanan. Proses pemotongan, pemberian bumbu dan mematangkan snack ini berjalan khusus dan tidak akan dicapai jika menggunakan robot yang pasaran. Robot di pabrik ini sengaja diciptakan dengan tool dan program khusus untuk menghasilkan keripik kentang dengan bentuk dan cita rasa tersendiri.

Namun pada robot palletizing, hal ini sepertinya tidak harus. Banyak robot jenis ini yang hanya digunakan untuk menyusun box demi persiapan penyimpanan. Mengurusi box tentu tidak perlu sampai membuat custom palletizing robot design, Anda cukup memastikan tangan robot sesuai dengan ukuran dari box yang harus disusun. Perubahan sederhana dari segi software robot palletizing system juga dirasa tidak perlu sampai mengubah desain luarnya.

Mengganti tangan ini juga sebetulnya tidak selalu dibutuhkan, beberapa robot palletizing yang ada di pasaran sudah dapat menyesuaikan dengan kebutuhan berbagai ukuran box. Tangan ini biasanya akan menggenggam box dan memperkirakan ukurannya. Jadi walaupun cengkramannya kuat, box tidak akan langsung tergerus dan menjadi rusak.

Walaupun penjelasan di atas menerangkan mengapa pabrik tidak perlu melakukan perubahan desain pada robot palletizing, ada beberapa pengecualian yang bisa dijadikan kasus. Membuat custom palletizing robot design tentu tidak mudah, tapi jika pabrik memproduksi barang dan layout yang kompleks, robot ini tentu juga perlu fitur tambahan yang mampu memenuhi kebutuhan ini.

Sebagai contoh saja, dalam satu pallet, robot perlu menyusun 20 kotak dengan ukuran berbeda menjadi kotak yang rapi. Dalam desain, 20 kotak ini memiliki susunan layaknya puzzle yang jika disusun tepat akan menghasilkan bentuk balok. Untuk keperluan ini, robot palletizing harus mampu bergerak meraih 4 jalur conveyor belt yang berbeda dan mengikuti pergerakan pallet yang nantinya melewati jalur untuk disusun dengan robot lain. Untuk menyelesaikan tugas ini, robot palletizing tentu tidak bisa yang biasa.

Perubahan desain yang paling umum dilakukan untuk keperluan seperti ini biasanya dengan mengubah ukuran tangan dan berapa sendi yang ada pada robot. Panjang tangan akan menentukan reach dan sendi akan memastikan pergerakan yang fleksibel saat menyusun dan meraih barang. Beberapa pabrik juga menggunakan desain tertentu dengan meletakan robot ini di langit – langit ataupun bekerja dengan beberapa tangan sekaligus.

Penggunaan desain custom ini tentu harus dipesan dari perusahaan yang khusus dan membutuhkan engineering yang cukup kompleks. Memesan robot buatan khusus ini juga akan memakan biaya yang tidak sedikit, maka dari itu banyak orang tidak melakukannya.

Bagaimana menurut Anda soal bahasan di atas? Mudah – mudahan artikel ini dapat menjawab mengapa tidak banyak pabrik membuat desain custom untuk robot palletizing ini.