Pernah melihat rangkaian ban berjalan di bandara atau di restoran sushi? Nah, rangkaian ban berjalan tersebut sering disebut juga sebagai belt conveyor. Rangkaian ban berjalan tersebut tak hanya dipakai di bandara saja, tapi juga di bidang industri baik pengemasan, fabrikasi maupun pertambangan. Berikut penjelasan pengertian belt conveyor dan apa saja jenisnya yang ada di pasaran.

Pengertian Belt Conveyor

Pengertian belt conveyor bisa diartikan sebagai rangkaian ban berjalan yang dipakai untuk memindahkan atau mengangkut barang atau material secara horizontal maupun miring. Material belt atau sabuk yang dipakai pada belt conveyor bisa terbuat dari karet maupun logam tergantung jenis barang yang dipindahkan. Dalam perkembangannya, belt conveyor ada yang dipakai untuk memindahkan barang atau material secara vertikal seperti pada scraper conveyor. Sementara itu, material yang bisa diangkut menggunakan belt conveyor cukup beragam bisa berupa pasir, semen, batu bara, kwarsa, granit, kemasan makanan, botol minuman maupun barang lainnya.

Jenis Belt Conveyor

Selain memahami pengertian belt conveyor, Anda juga perlu memahami jenis-jenis belt conveyor. Beberapa jenis belt conveyor yang bisa Anda temui diantaranya sebagai berikut :

Flat Belt Conveyor

Flat belt conveyor merupakan sistem belt conveyor yang paling banyak dipakai saat ini. Sabuk atau ban pada flat belt conveyor bisa terbuat dari material karet, logam, nylon, polyester atau material lainnya yang ditarik secara mendatar oleh suatu katrol. Benda yang ingin dipindahkan cukup diletakkan di atas sabuk flat belt conveyor kemudian secara otomatis akan bergerak sampai ke ujung sistem conveyor.

Modular Belt Conveyor

Pengertian belt conveyor berjenis modular adalah belt conveyor yang memakai sistem sabuk terbuat dari segmen atau plat tunggal yang disambungkan satu sama lain. Segmen atau plat tersebut umumnya terbuat dari material plastik yang keras yang bisa diganti satu per satu. Karena bisa diganti per segment, modular belt conveyor dinilai lebih mudah pengelolaannya daripada model flat belt conveyor. sabuk dari plastik keras juga mudah dibersihkan, tidak berkarat dan tidak terlalu tajam sehingga tak banyak menimbulkan masalah.

Cleated Belt Conveyor

Cleated belt conveyor merupakan sistem belt conveyor yang memakai sabuk terbuat dari material bergerigi yang tak rata atau sabuk dengan plat dinding di sisi conveyor. Penggunaan material bergerigi ini bertujuan agar barang atau material yang dipindahkan tak mudah terjatuh selama proses pemindahan. Jenis belt conveyor ini cocok dipakai untuk memindahkan barang dari bawah ke atas atau sebaliknya dengan jalur miring.

Di samping jenis belt conveyor di atas, ada jenis conveyor lainnya yakni scraper conveyor. Conveyor ini cukup unik karena memiliki komponen rantai di bagian tengah yang mengunci segmen conveyor agar bisa memindahkan barang dari bawah ke atas atau sebaliknya. Anda bisa menemukan jenis conveyor scraper pada pemindahan barang dari dasar laut ke permukaan atau proses penambangan lainnya.