Kontraktor mekanikal elektrikal – Dalam hal pembangunan  sebuah gedung, konstruksi pabrik selalu dibawah penanganan atau dikerjakan langsung oleh kontraktor konstruksi. Akan berbeda jika gedung atau konstruksi bangunannya telah berdiri, di mana proses pembangunan kelengkapan fasilitas bangunan akan dikerjakan oleh Mechanical Electrical Contractor.  Mekanikal elektrikal sendiri merupakan kumpulan sistem-sistem mekanis yang memerlukan tenaga listrik sebagai pendukung bangunan sehingga bisa dimanfaatkan secara leluasa oleh para pengguna. Untuk Anda yang bisa masih bingung, coba deh simak informasi ringkas di bawah ini!

Sekilas Mengenai Mekanikal Elektrikal (M&E)

Mekanikal merupakan sebuah prinsip ilmu yang membahas segala sesuatu mengenai sistem mekanis serta penerapannya. Sedangkan elektrikal ialah prinsip ilmu dengan beberapa cakupan  mengenai hal-hal yang membutuhkan tenaga listrik serta penerapannya. Berdasarkan dua pengertian tersebut bisa disimpulkan jika mekanikal elektrikal ialah sistem pendukung yang diaplikasikan dalam bangunan demi kenyamanan dan keamanan setiap kegiatan yang dilakukan pelaku yang berada dalam bangunan tersebut.

Contoh kecilnya ialah aktivitas istirahat. Saat beristirahat pasti semua orang memerlukan ruangan yang aman dan nyaman untuk mendapatkan istirahat berkualitas. Untuk mewujudkan keinginan para pengguna bangunan, maka sangat dibutuhkan penerapan ilmu mekanikal elektrikal sebagai ilmu yang menata udara, pergantian udara, penataan cahaya hingga sistem keamanan seperti alarm dan fire fighting. Sekuat apapun konstruksi bangunan dan seindah apapun arsitekturnya, tanpa sistem mekanikal elektrikal yang tepat maka bangunan tidak ada fungsi sama sekali.

Secara umum, sistem mekanikal elektrikal yang biasanya digunakan oleh kontraktor mekanikal pada gedung memiliki perbedaan dan sangat tergantung pada fungsi dan penggunaan gedung itu sendiri. Misalnya, sistem mekanikal elektrikal pada gedung perkantoran akan memiliki perbedaan dengan sistem mekanikal elektrikal yang dibuat pada gedung rumah sakir, pabrik, bandara dan lainnya. Hanya saja, semua penerapannya tetap memiliki banyak persamaan. Beberapa sistem mekanikal elektrikal yang ditempatkan pada gedung bangunan ialah seperti sistem plumbing, pemadam kebakaran, sistem elektrikal, penangkal petir, sistem telepon, sistem data, CCTV, MATV dan berbagai sistem pendukung fungsi bangunan lain.

Peran Kontraktor Mekanikal Elektrikal

Layaknya pekerjaan konstruksi bangunan yang hanya bisa dikerjakan oleh tenaga ahli saja, begitu pula dengan sistem mekanikal elektrikal. Tidak semua orang memiliki disiplin ilmu dan pengalaman di bidang penerapan sistem ini. Untuk itu, peran kontraktor mekanikal elektrikal sangat dibutuhkan. Jasa di bidang mekanikal elektrikal akan membantu penerapan sistem pendukung fasilitas pada bangunan gedung. Peran pentingnya yang bisa langsung dirasakan oleh para pengguna bangunan ialah mengerjakan fasilitas penerangan, mengerjakan instalasi AC, mengerjakan pemasangan pompa dan plumbing untuk keperluan air bersih atau pembuangan air kotor, penataan sistem keamanan bangunan dan lain sebagainya. Jika Anda membutuhkan jasa kontraktor mekanikal elektrikal, kini telah hadir kontraktor mekanikal elektrikal Jakarta yang siap membantu menyempurnakan fungsi bangunan gedung Anda.