Profesi Kontraktor ME atau Kontraktor Mekanikal Elektrikal adalah suatu pekerjaan yang bertugas membuat desain, mengembangkan, menguji, dan membangun, suatu mesin elektrik ke dalam suatu proyek pembangunan, entah itu pabrik industri, gedung, Mall, hingga perumahan sipil. Kontraktor mekanikal berurusan dengan apapun yang menyangkut suatu sistem mekanika mesin untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Para kontraktor tersebut membuat semua kehidupan masyarakat menjadi lebih mudah dengan penggunaan mesin elektrik, dan pastinya aman. Kemudian, mesin apa yang dapat dikerjakan oleh para kontraktor mekanikal ?

Pekerjaan Kontraktor Mekanikal

Mereka menggabungkan kreatifitas, pengetahuan analisis, dan alat-alat mekanik yang relatif sulit dilakukan oleh orang-orang biasa, beberapa contohnya seperti dibawah ini :

  • Membangun sebuah sistem HVAC atau Heating, Ventilation, and Air Conditioning. Yaitu sistem pengatur suhu dalam suatu ruangan.
  • Membuat desain, dan membangun rekayasa aliran listrik.
  • Retrofit atau perbaikan dan pembaharuan suatu mesin elektrik, seperti genset, elevator, eskalator, dll.
  • Membangun infrastruktur panel listrik berdaya medium ( Medium Voltage )
  • Membangun penyimpanan energi termal
  • Membangun sistem Fire Alarm
  • Membuat dan membangun sistem perpipaan atau Plumbing

Pekerjaan kontraktor tersebut membutuhkan keterlibatan disiplin ilmu lain, seperti teknik sipil, karena pembangunan sebuah sistem elektrik akan berhubungan langsung dengan lingkungan dan kehidupan manusia. Selain itu menjadi kontraktor mekanikal, tidak bisa dilakukan oleh satu atau dua orang semata, dibutuhkan sebuah jaringan atau kelompok dengan berbagai kemampuan untuk mencari, menganalisa, kemudian memecahkan masalah tersebut.

Kemampuan yang dibutuhkan oleh Kontraktor

Inti dari pekerjaan seorang kontraktor adalah memecahkan masalah yang terkait dengan mesin elektrik, dengan demikian seorang kontraktor juga dituntut untuk berkreatifitas dalam mencari solusi. Tentunya kreativitas tersebut dibarengi dengan keterampilan komunikasi interpersonal yang kuat antara pekerja dengan pekerja, pekerja dengan pemimpin, dan manajemen konflik antar semua jaringan yang terlibat dalam suatu proyek. Membuat, membangun, dan memperbaharui sebuah alat mekanik hanya membutuhkan dua kata dalam menyelesaikan proyek, yaitu Kerja Sama.

Pekerjaan dengan Gaji Besar

Menjadi kontraktor mekanikal elektrikal tidak serta merta paham akan kemampuan memahami alat-alat mekanik, namun dibutuhkan kemampuan lebih seperti yang sudah dijabarkan diatas. itulah yang membuat pekerjaan ini akan dibayar dengan gaji selangit.

Dibandingkan dengan bidang lain, kontraktor mekanik mendapatkan lebih banyak minat dari para pencari kerja, dikarenakan pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh daerah dengan industri terbesar seperti Jakarta, sehingga profesi kontraktor ME di Jakarta akan mendapatkan upah jauh diatas rata-rata dan terus meningkat sepanjang mereka tetap berprofesi sebagai kontraktor.

Dalam rentang waktu kerja hingga 10 tahun, para kontraktor mekanikal dapat mengantongi uang hingga Rp. 10 – 15 juta per bulannya.

Demikian beberapa informasi mengenai Kontraktor Mekanikal, menjadi seorang kontraktor berarti siap untuk berkomitmen penuh terhadap keamanan, dan kenyamanan para pelanggan.