Dalam pembangunan sebuah gedung perkantoran, memang membutuhkan kontraktor khusus agar fungsi-fungsi yang ada di dalam gedung tersebut bisa berjalan dengan baik. Salah satunya  adalah dengan keberadaan kontraktor mekanikal elektrikal. Keberadaan kontraktor ini memang sangat penting karena akan mengerjakan penerangan hingga pemompaan pada sebuah bangunan.

Saat ini, anda sudah bisa menemukan dengan mudah keberadaan jasa ME in terutama di daerah perkotaan. Mengingat keberadaan jasa ini memang dibutuhkan bagi banyak orang.  Lantas apa sebenarnya kontraktor ME tersebut?  Anda bisa mengenal kontraktor ME dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Apa itu  jasa kontraktor mekanikal Elektrikal tersebut? 

Kontraktor Mekanikal Elektrikal atau dikenal dengan ME merupakan suatu pekerjaan dimana pelakunya akan menangani kedua bidang tersebut (mekanik dan elektrik) untuk sebuah proyek konstruksi bangunan. Tanpa adanya kontraktor ME ini maka proses pengerjaan proyek tidak akan berjalan dengan baik.

Seringkali orang-orang juga menyamaratakan apabila pekerjaan menjadi ahli ME ini sama dengan sipil arsitektur. Padahal sebenarnya kedua bidang pekerjaan tersebut memiliki perbedaan. Tetapi perlu anda ketahui  apabila pekerjaan seorang ME tidak akan bisa berjalan apabila tidak ada seorang teknik sipil. Untuk lebih jelasnya anda bisa langsung menyimak perbedaan kedua pekerjaan tersebut.

Perbedaan mekanikal dan elektrikal kontraktor dengan teknik sipil

 Ada beberapa perbedaan yang anda temui antara ME dengan ahli sipil terutama tugas yang dikerjakan oleh ahli tersebut. Langsung saja anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

1. Tugas seorang ME

Adapun beberapa tugas yang dikerjakan oleh seorang ME diantaranya adalah sebagai berikut

  1. Melakukan pemasangan untuk instalasi listrik yang terdapat pada sebuah rumah ataupun gedung pencakar langit.
  2. Melakukan pemasangan untuk instalasi elektrikal seperti pemasangan jaringan internet, telepon, tata suara dan yang lainnya.
  3. Melakukan pemasangan berbagai macam mesin yang ada di dalam sebuah gedung seperti mesin pompa yang digunakan untuk lantai basement, mesin air mancur, hingga mesin lift yang digunakan untuk mempermudah masyarakat dalam berpindah.
  4. Terakhir seorang ahli ME juga melakukan pemasangan instalasi AC didalam sebuah gedung yang bisa ditaruh di plafon dengan menggunakan instalasi ducting yang lengkap dimana memanfaatkan mesin AHU ataupun AC split yang bisa ditempelkan pada sebuah dinding.

2. Tugas seorang ahli sipil

Selanjutnya adalah tugas tugas yang dimiliki oleh ahli sipil arsitektur bisa meliputi

  1. Melakukan pelaksanaan pekerjaan struktur sebuah bangunan, arsitektur pada bangunan, landscape hingga mempertimbangkan bagaimana interior ataupun eksterior sebuah bangunan.
  2. Pada suatu proyek, seorang ahli sipil ini sendiri juga mempunyai kendali sebagai manajemen yang memiliki tanggung jawab atas hasil kerja dari kontraktor elektrik dan mekanikal.

Demikian ulasan mengenai pekerjaan seorang ahli kontraktor mekanikal dan elektrikal. Jika anda membutuhkan jasa ini, maka ada baiknya anda memilih mechanical & electrical contractor yang benar-benar terpercaya.