Setiap jenis robot, tentu memiliki komponen penting sendiri – sendiri. Nah, bagi Anda yang penasaran akan susunan penting robot yang digunakan untuk palletizing, di artikel ini mari membahasnya bersama. Bagi Anda yang belum tahu, robot palletizing adalah jenis robot yang sering digunakan pabrik ataupun gudang untuk menyusun barang di atas papan kayu khusus yang disebut palet.

Menggunakan robot, proses penyusunan ini akan berjalan cepat dan akurat tergantung dari program yang dijalankan. Dengan mengatur robot palletizing system untuk keperluan tertentu, Anda bisa memerintahkan robot untuk menyusun dengan pattern tertentu, membuat layer dan bahkan menyeleksi dan memisahkan tumpukan barang satu dengan barang yang lain.

Karena sangat berguna, Anda tentunya harus tahu lebih tentang robot ini sebelum menggunakannya. Untuk memilih robot palletizing yang tepat, Anda tentu harus belajar tentang susunan ataupun components pentingnya. Berikut adalah bahasan palletizing robot components yang paling utama dan harus diperhatikan!

Reach

Component pertama yang bisa dibilang cukup penting dalam robot palletizing adalah reach. Dalam bahasa Indonesia hal ini bisa disebut jangkauan. Dalam penggunaan robot ini, jangkauan tidak hanya sekedar panjang lengan, tapi juga gerakan yang bisa dilakukan untuk memastikan barang bisa disusun rapi.

Panjang rata – rata jangkauan ini adalah antara 70 sampai 125 inchi. Panjang ini tentunya adalah ukuran standar, bagi Anda yang membutuhkan setting diluar ini, Anda perlu menyesuaikan dengan program ataupun posisi peletakan dari palletizing. Terkadang ada barang yang harus diletakan rendah saat disusun, hal ini tentu membuat posisi menjadi penting. Palletizing tidak bisa menekuk terlalu rendah, karena itu Anda harus pastikan posisi robot sudah tepat agar tidak ada hal yang diluar jangkauan.

Payload

Palletizing robot components yang berikutnya adalah payload atau kekuatan angkat. Tergantung barang yang akan ditangani, Anda harus melakukan setting tertentu untuk memastikan kekuatan angkat robot ini bisa aman menyusun barang – barang. Jika setting tidak benar, tangan robot palletizing bisa mengalami masalah dalam jangka panjangnya. Hal yang jauh lebih penting adalah soal keamanan.

Untuk memastikan kemampuan angkat tangan robot baik, selalu pikirkan pergerakannya dan juga pusat gravitasi. Selama pusat gravitasi tetap dekat dengan pangkal robot, kekuatan angkatnya pasti lebih baik daripada mengandalkan kekuatan ujung tangan palletizer.

Speed

Hal berikutnya yang tergolong penting dari robot ini adalah kecepatan kerjanya. Semakin cepat robot bergerak, tentu Anda ingin pekerjaannya cepat selesai. Tapi sayangnya hal ini tidak semudah itu. Tergantung dari barang yang disusun, kecepatan yang tinggi bisa merusak barang. Pastikan setting kecepatan dan juga barang yang disusun sesuai dan tidak bermasalah.

Kecepatan kerja pada robot ini juga memiliki efek negatif pada keamanan. Semakin tinggi kecepatan kerja yang dibutuhkan, Anda harus pastikan pengawasan dan maintenance yang dilakukan makin ketat. Pemantauan disini tentu untuk memastikan tidak ada variabel yang hilang saat robot bekerja di kondisi kecepatan tinggi. Bayangkan saja jika ada orang yang tidak sengaja mendekati robot saat bergerak cepat, kecelakaan bisa saja terjadi.

Axes

Axes di sini berhubungan dengan sendiri dan titik gerak dari robot palletizing. Palletizing robot components yang satu ini menentukan pergerakan dan juga fleksibilitas dari robot. Semakin banyak sendi yang ada, makin fleksibel robot dapat bergerak. Tingkat berak ini tentu penting saat, Anda membutuhkan robot untuk menyusun banyak barang ke kelompok tempat yang berbeda.

Bagaimana menurut Anda soal bahasan robot palletizer di atas? Mudah – mudahan informasi ini berguna dan dapat membantu Anda. Terima kasih sudah membaca!