Berbicara tentang kegiatan industri tidak terlepas dengan yang namanya palletizing. Pallet sendiri merupakan bagian dari warehouse. Keberadaannya sangat penting untuk mempermudah dalam perhitungan, penyortiran, penyimpanan hingga transportasi barang.

Dalam mempermudah dan mempercepat kegiatan dalam warehouse, terutama penempatan barang pada palet, biasanya digunakan yang namanya palletizer, yakni mesin yang menempatkan barang pada bagian pallet. Berbicara tentang mesin palletizer ada dua jenis yang bisa dipilih, yakni mesin conventional palletizer atau robot palletizing system. Sebuah pemikiran lebih maju menggunakan robot palletizer system ini.

Robotic palletizer system

Sama seperti namanya, tentu robot palletizer menggunakan robot untuk melakukan kerja secara otomatis. Berbeda dengan conventional palletizer, robot palletizing automation bisa melakukan pekerjaan satu hingga beberapa produk dalam satu waktu, tergantung akan konfigurasi pallet yang digunakan. Tentu saja ada beberapa kelebihan dan kekurangannya.

Salah satunya adalah robotics palletizer bisa memindahkan barang hingga 40 barang per menit. Namun kembali lagi, kecepatan tergantung akan produknya. Bahkan ada palletizer yang bisa membawa 1200 bags per menit.

Dibandingkan dengan conventional tidak terlalu banyak mesin yang membutuhkan perhatian, hanya saja dibutuhkan seorang ahli robotics dalam hal perawatan. Selain itu, juga perlu dilakukan training khusus.

Bisa dikatakan, automatic robotics palletizer sangat flexible. Pasalnya, mesin ini didesain untuk bisa menghandle berbagai jenis container dalam satu waktu. Bahkan, bisa membedakan satu jenis kontainer dengan lainnya, tanpa memperdulikan bentuknya. Sistem yang digunakan memang bisa mengirimkan informasi pada robot sehingga bisa memilih dan menempatkan produk berbeda pada setiap palletnya.

Untuk kapasitas ruangannya tergantung akan seberapa banyak yang akan Anda gunakan. Namun dengan kemampuannya yang serbaguna, mungkin Anda tidak membutuhkan terlalu banyak. Sehingga tidak perlu ruangan luas untuk menempatkannya.

Keunggulan robot palletizing programming

  1. Kecepatan terbaik

robot palletizing automation memiliki kecepatan terbaik dikelasnya. Bahkan, beberapa model pilihan robot palletizing mampu mengangkat beban hingga ratusan kilogram. Dengan cycle yang juga cepat sehingga membantu kegiatan produksi lebih optimal dalam satu waktu. Kecepatan yang dihasilkan bisa hingga 2000 cycle per jamnya. Belum lagi, robot bisa bekerja 24 jam selama 7 hari penuh. Hal ini akan membuat aktivitas industri tetap terkontrol, tanpa ada delay produksi.

  1. Perawatan mudah

Hampir semua merk robotics palletizing yang mudah dalam perawatan. Hal ini dikarenakan tidak ada banyak mesin yang harus mendapatkan perhatian khusus. Belum lagi, dalam hal perawatan tidak membutuhkan teknisi atau programming khusus. Pasalnya, dalam programming yang digunakan sangat user friendly.

  1. Fleksibilitas terbaik

Sama halnya dengan kebanyakan robotics palletizing lainnya, setiap robot palletizing juga bisa melakukan pekerjaan sekaligus. Hal ini dikarenakan sistem yang dimilikinya sehingga melakukan pengaturan hingga 40 jenis item berbeda sekalipun secara berkala.

Sistem yang digunakan akan memilih dan menempatkan setiap item yang berbeda dalam pallet yang sudah ditentukan. Dengan begitu, pekerjaan akan semakin lebih mudah dan cepat.

  1. Footprints yang diandalkan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, robot palletizing automation yang fleksibel tentunya membuatnya tidak membutuhkan ruangan yang terlalu lebar. Dengan ruangan seadannya sekalipun kerja yang dilakukan bisa sangat optimal.

  1. Berbagai manfaat lainnya

Keuntungan lainnya dalam penggunaan robotics palletizing adalah mengurangi cedera kerja. Hal ini dikarenakan segala pekerjaan sudah digantikan oleh robot. Dengan begitu, para pekerja juga akan terhindar dari masalah otot karena pekerjaan yang berulang.

Fungsi yang bisa bekerja selama 24 jam penuh tanpa adanya down akan menghindarkan pekerja dari berbagai pekerjaan tambahan hingga lembur. Belum lagi, untuk kegiatan industri tidak perlu lagi merekrut karyawan baru karena pekerjaan sudah tergantikan.