Dalam proses pembuatan suatu bangunan, terutama untuk pembangunan gedung-gedung perkantoran atau pembangunan apartemen, kondominium juga untuk pembangunan perumahan di suatu lokasi real estate, maka biasanya akan dikerjakan oleh suatu perusahaan kontraktor. Dalam hal ini adalah kontraktor konstruksi, lalu setelah bangunannya jadi baru pekerjaan selanjutnya diserahkan kepada kontraktor mekanikal, yakni antara lain untuk proses finalisasinya. Jasa kontraktor ME  atau kontraktor mekanikal elektrikal itu berbeda tugasnya dengan tugas seorang kontraktor konstruksi yang telah familiar dan cukup dikenal pada banyak orang. Berikut pembahasannya.

Apa itu Kontraktor Mekanikal Elektrikal

Kontraktor Mekanikal atau lengkapnya kontraktor mekanikal elektrikal, atau mechanical electrical contractor adalah yang bertugas menyelesaikan proses instalasi listrik untuk bangunannya, apapun bangunan tersebut, yakni bisa berupa gedung perkantoran, atau apartemen atau kondominium, atau villa, atau suatu areal kawasan perumahan dan lain sebagainya. Demikian juga untuk instalasi air bersihnya, juga termasuk instalasi pipa-pipanya, yang mengalirkan air bersih maupun air kotornya atau istilahnya adalah plumbing installation, serta termasuk juga untuk instalasi AC atau Air Conditioner atau sistem pendingin udaranya dan sistem ventilasi udaranya, juga bisa termasuk dengan instalasi telepon dan sistem data serta instalasi CCTV (Closed Circuit Television), sistem pemadam kebakarannya, dan lain sebagainya.

Kelebihan Menggunakan Jasa Kontraktor

Keunggulan jika proses pembangunan menggunakan jasa kontraktor itu adalah antara lain karena biayanya bisa terukur dengan pasti, tidak akan ada lonjakan biaya tiba-tiba yang mendadak baru diketahui, juga hasil pekerjaannya bisa lebih profesional karena biasanya suatu jasa kontraktor itu, baik itu kontraktor konstruksi bangunan, maupun kontraktor konstruksi mekanikal elektrikal atau kontraktor ME itu sudah menerapkan standar minimal tertentu, juga prosesnya bisa lebih mudah dan juga lebih cepat, karena jasa kontraktor tersebut sudah memiliki berbagai pengalaman di bidangnya dan juga memiliki banyak channel dan akses ke pihak-pihak yang terkait dengan pekerjaan dan tugasnya.