Semua kegiatan produksi, kegiatan palletizing memang tidak bisa dilupakan. Masalahnya adalah apakah Anda masih menggunakan conventional palletizer atau sudah beralih ke robot palletizing system. Bagi Anda yang sudah beralih menggunakan tenaga robot ini, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui, seperti berikut ini.

Kriteria umum: jangkauan, beban, kecepatan dan axes

Dalam memilih palletizing robot, sangat penting memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Setiap jenis akan memiliki karakteristiknya tersendiri. Salah satunya jangkauan dari robot tersebut. Jangkauan yang dimaksud bukan hanya sebatas luas saja, tetapi juga tinggi. Ada robot palletizing yang bisa menjangkau hingga 125 inch.

Beban juga menjadi hal yang penting. Untuk menentukan besaran beban, perhatikan pada ujung tangan dan beban barang maksimal yang harus diangkat. Ada palletizer robot yang bisa mengangkat beban hingga 300 kg.

Mungkin dalam menentukan kecepatan palletizer robot akan sangat sulit. Pasalnya, tergantung akan axis dari robot tersebut akan berputar. Kebanyakan palletizer akan memiliki 4 axis yang akan bersinambung dengan lantai saat mengangkat dan meletakan barang di pallet. Selain itu, 5-6 axis dibutuhkan apabila barang harus diangkat dan diputar.

Fleksibilitas dan penggunaan ulang

Dari sinilah robot palletizing hadir. Pasalnya, robot ini memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi. Artinya, dalam satu waktu bisa menghandle berbagai jenis produk hanya dengan satu mesin palletizer saja.

Sistem akan bekerja secara berkala dengan mengidentifikasi barang dan meletakan pada palet yang sudah ditentukan. Kemungkinan besar, beberapa spesifikasi harus dilakukan agar robot bisa mengenali barang tersebut.

Mengurangi biaya perawatan

Sebelum hadirnya palletizing robot programming, conventional palletizer menjadi mesin yang banyak digunakan dalam setiap kegiatan industri. Sistem dari convention palletizer menggunakan conveyor, pendorong, meja akumulasi, stripper plates dan lift untuk membentuk produk pada palletize. Walaupun dirasa lebih efektif, namun ada banyak komponen yang harus dilibatkan. Sehingga setiap komponen harus mendapatkan perawatan khusus. Berbeda dengan robot palletizer yang hanya memiliki servo motors dan iron arms. Hal ini memungkinkan dalam hal perawatan menjadi lebih mudah dan cepat. Tidak terlalu banyak bagian yang harus mendapatkan perawatan. Satu perawatan sudah mencangkup segalanya.

Desain ujung lengan mesin

Pusat dari sistem robot palletizing sendiri terletak pada ujung lengan mesin. Artinya, sebelum benar – benar berada ditangan konsumen, ujung lengan robot merupakan hal terakhir menyentuh produk. Oleh karena itu, sistem terbaik adalah sistem yang secara efektif menghandle produk dengan lembut dan handal.

Multiple lines

Palletizing robot programming menjadikan kegiatan palletizing menjadi lebih cepat dan mudah. Pasalnya, robot palletizing merupakan mesin yang multi tasking. Di mana, secara simultan bisa dikerjakan. Kebanyakan sistem yang digunakan adalah 1-masuk/1-keluar, 2-masuk/2-keluar hingga 4-masuk/4-keluar. Dengan multitasking ini mampu menghandle produk yang memiliki lini banyak.

Ergonomis

Palletizing system robot merupakan implementasi yang terjangkau. Bisa dikatakan menjadi investasi terbaik yang pernah ada. Bagaimana tidak, penggunaan robot akan mengganti tenaga manusia sehingga proses produksi lebih baik lagi. Selain itu, kecelakaan kerja dan kerusakan barang akan terhindarkan. Bahkan, dalam hal perawatan sekalipun akan lebih mudah lagi.

Instalasi terbaik adalah kunci sukses

Penggunaan palletizing robot programming merupakan kunci sukses sebuah kegiatan industri. Namun kunci sukses tersebut tidak akan terjadi tanpa adanya instalasi yang baik. Penggunaan tenaga ahli robotic sudah sangat dianjurkan. Dengan demikian, segalanya akan sesuai dengan perencanaan dan keinginan yang Anda lakukan.